Minggu, 21 Maret 2010

KLASIFIKASI ATAU TINGKATAN RETARDASI MENTAL


Hasil bagi intelegensi (IQ = Intelligence Quotient) bukanlah merupakan satu-satunya patokan yang dapat dipakai untuk menentukan berat ringannya retardasi mental. Sebagai kriteria dapat dipakai juga kemampuan untuk dididik atau dilatih dan kemampuan sosial atau kerja. Tingkatannya mulai dari taraf ringan, sedang sampai berat, dan sangat berat.

Klasifikasi retardasi mental menurut DSM-IV-TR yaitu :

1. Retardasi mental berat sekali

IQ dibawah 20 atau 25. Sekitar 1 sampai 2 % dari orang yang terkena retardasi mental.

Sudah tampak sejak anak lahir, biasanya tidak dapat belajar berjalan, berbicara atau memahami.

2. Retardasi mental berat

IQ sekitar 20-25 sampai 35-40. Sebanyak 4 % dari orang yang terkena retardasi mental.

Sudah tampak sejak anak lahir, yaitu perkembangan motorik yang buruk dan kemampuan bicara yang sangat minim

Dapat dilatih meskipun agak lebih susah dibandingkan dengan RM moderat

Hanya mampu untuk dilatih belajar bicara dan keterampilan untuk pemeliharaan tubuh dasar

Sudah tampak sejak anak lahir, biasanya tidak dapat belajar berjalan, berbicara atau memahami.

3. Retardasi mental sedang

IQ sekitar 35-40 sampai 50-55. Sekitar 10 % dari orang yang terkena retardasi mental.

Sudah tampak sejak anak masih kecil dengan adanya keterlambatan dalam perkembangan, misalnya perkembangan bicara atau perkembangan fisik lainnya

Anak hanya mampu dilatih untuk merawat dirinya sendiri

Pada umumnya tidak mampu menyelesaikan pendidikan dasarnya

Dengan latihan dan dukungan dari lingkungannya, mereka dapat hidup dengan tingkat kemandirian tertentu.

4. Retardasi mental ringan

IQ sekitar 50-55 sampai 70. Sekitar 85 % dari orang yang terkena retardasi mental. Pada umunya anak-anak dengan retardasi mental ringan tidak dikenali sampai anak tersebut menginjak tingkat pertama atau kedua disekolah.

Mulai tampak gejala pada usia sekolah dasar, misalnya sering tidak naik kelas, selalu memerlukan bantuan untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan pribadi

Anak dapat menyelesaikan pendidikan dasar (tamat SD)

Bisa mencapai kemampuan membaca sampai kelas 4-6. Meskipun memiliki kesulitan membaca, tetapi mereka dapat mempelajari kemampuan pendidikan dasar yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka memerlukan pengawasan dan bimbingan serta pendidikan dan pelatihan khusus.

Biasanya tidak ditemukan kelainan fisik, tetapi mereka bisa menderita epilepsi.

Mereka seringkali tidak dewasa dan kapasitas perkembangan interaksi sosialnya kurang.

Mereka mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru dan mungkin memiliki penilaian yang buruk. Mereka jarang melakukan penyerangan yang serius, tetapi bisa melakukan kejahatan impulsif.

Tingkat

Kisaran IQ

Kemampuan Usia Prasekolah
(sejak lahir-5 tahun)

Kemampuan Usia Sekolah
(6-20 tahun)

Kemampuan Masa Dewasa
(21 tahun keatas)

Ringan

52-68

· Bisa membangun kemampuan sosial & komunikasi

· Koordinasi otot sedikit terganggu

· Seringkali tidak terdiagnosis

· Bisa mempelajari pelajaran kelas 6 pada akhir usia belasan tahun

· Bisa dibimbing ke arah pergaulan sosial

· Bisa dididik

· Biasanya bisa mencapai kemampuan kerja & bersosialisasi yg cukup, tetapi ketika mengalami stres sosial ataupun ekonomi, memerlukan bantuan

Moderat

36-51

· Bisa berbicara & belajar berkomunikasi

· Kesadaran sosial kurang

· Koordinasi otot cukup

· Bisa mempelajari beberapa kemampuan sosial & pekerjaan

· Bisa belajar bepergian sendiri di tempat-tempat yg dikenalnya dengan baik

· Bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dengan melakukan pekerjaan yg tidak terlatih atau semi terlatih dibawah pengawasan

· Memerlukan pengawasan & bimbingan ketika mengalami stres sosial maupun ekonomi yg ringan

Berat

20-35

· Bisa mengucapkan beberapa kata

· Mampu mempelajari kemampuan untuk menolong diri sendiri

· Tidak memiliki kemampuan ekspresif atau hanya sedikit

· Koordinasi otot jelek

· Bisa berbicara atau belajar berkomunikasi

· Bisa mempelajari kebiasaan hidup sehat yg sederhana

· Bisa memelihara diri sendiri dibawah pengawasan

· Dapat melakukan beberapa kemampuan perlindungan diri dalam lingkungan yg terkendali

Sangat berat

19 atau kurang

· Sangat terbelakang

· Koordinasi ototnya sedikit sekali

· Mungkin memerlukan perawatan khusus

· Memiliki beberapa koordinasi otot

· Kemungkinan tidak dapat berjalan atau berbicara

· Memiliki beberapa koordinasi otot & berbicara

· Bisa merawat diri tetapi sangat terbatas

· Memerlukan perawatan khusus

Angka harapan hidup untuk anak-anak dengan Retardasi Mental mungkin lebih pendek, tergantung kepada penyebab dan beratnya Retardasi Mental. Biasanya, semakin berat RMnya maka semakin kecil angka harapan hidupnya.

Tidak ada komentar: