Sabtu, 05 Juni 2010

Makan Si Hijau Biar Sehat

Makan Si Hijau Biar Sehat

Tahu kan kalau peranan sayur sangat besar buat tubuh yang sehat dan segar? Tapi sudah cukupkah mengenal kandungan yang terdapat didalamnya belum? Atau takaran yang segimana sih yang cukup kita konsumsi?

Sayur dan Takarannya
Kira-kira 20 tahun lalu, para ahli kesehatan dan lembaga-lembaga kesehatan di seluruh dunia, mulai menganjurkan setiap orang supaya lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran untuk kesehatan tubuh. Malah, dianjurkan 5 sampai 9 porsi sayuran sehari kudu dikonsumsi. Kalau ditakar-takar, kurang lebih sama dengan ½ kg sayur per hari-nya. Wets, cukup lumayan juga tuh buat tubuh kita.
Sebenarnya anjuran ini cukup masuk akal, mengingat besarnya ‘stres’ yang dibebankan pada tubuh. Lingkungan yang kotor maupun gaya hidup yang serab instant (salah satunya makan fast food demi kepraktisan) adalah beberapa contoh yang membebani tubuh. Bisa-bisa, tubuh kita butuh lebih banyak lagi sayuran daripada anjuran yang sudah disebutkan di atas.
Maka dari itu, sesuai dengan takaran yang pas, sebaiknya kita mulai mengkonsumsi sayuran setiap hari. Paling tidak dalam tiga kali mengkonsumsi makanan (pagi, siang, atau malam) ada nutrisi yang terserap dari sayuran. Sayuran dalam keadaan segar mempunyai kandungan enzim esensial untuk mengurangi nutrisi sehingga memungkinkan penyerapan nutrisi secara maksimal. Enzim dalam sayut inilah yang menjadi kunci kesehatan tubuh kita.
Sayuran yang biasa kita konsumsi sehari-hari punya manfaat dan kandungan yang beragam. Cek satu-satu yuk biar lebih kenal.
1. Bayam dan kangkung
Bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dengan kandungan vitamin A, C, mineral, kalsium, zat besi, dan kalium. Merupakan sumber energi yang cepat serta baik untuk anemia, kelelahan, dan gangguan tubuh.
Sebaiknya sayur bayam dikonsumsi langsung setelah dimasak agar kandungan zatnya dapat langsung diterima tubuh.
2. Brokoli
Brokoli mengandung zat anti kanker, serat yang tinggi, dan perlindungan terhadap jantung. Brokoli juga mengandung kalsium seperti susu yang penting dalam menjaga dan memelihara tulang. Brokoli yang segar dapat dikonsumsi bersama nasi atau kentang.
3. Mentimun
Kalium yang terdapat didalamnya membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh. Baik untuk kulit kering, kulit yang terbakar sinar matahari, gangguan hati, juga kesehatan di rambut dan kuku. Bias dikonsumsi dengan cara direbus atau dimasukkan ke dalam sayuran.
4. Seledri
Berfungsi sebagai pelarut melalui kandungan natriumnya untuk melepaskan deposit kalsium yang meyangkut di ginjal dan sendi. Kandungan magnesiumnya juga berguna untuk menghilangkan stres. Bias dikonsumsi melalui sayuran berkuah.
5. Selada
Kalau mau tahu, sayuran ini adalah salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan. Mengandung zat besi dan magnesium yang merangsang pembuluh darah untuk meningkatkan metabolisme tubuh.
6. Peterseli
Mengandung garam mineral yang tinggi yang dapat membantu memulihkan kesehat tubuh dengan menetralkan kondisi asam. Baik untuk alergi dan membuang raksa yang berlebihan di dalam tubuh. Dapat dimakan segar pada waktu makan malam.

Referensi:
Kawanku No. 36/XXXIII

Tidak ada komentar: