Sabtu, 05 Juni 2010

Olahraga yuk!

Olahraga yuk!
Badan sehat dan bugar didapat jika pola hidup kita seimbang. Yaitu makan teratur dan bergizi, minum delapan gelas air putih sehari, rajin olahraga, dan cukup istirahat.
“jam olahraga di sekolah saja tidak cukup,” ujar Dr Leane Sunipar, Msc. Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan ahli gizi pasca sarjana FKUI ini menyarankan setidaknya kita berolahraga tiga sampai empat kali seminggu, masing-masing minimal 30 menit sampai satu jam.
“kalau lebih dari itu juga boleh, tergantung tujuannya dan ada yang biikin programnya dan memantau kemungkinan cedera. Kalau atlet bisa jam enam smapai jam tujuh pagi lari. Lalu jam sembilan sampai jam duabelas siang olahraga lagi. Dan setelah istirahat ketiga kalinya, pukul tiga sampai enam sore boleh olahraga lagi. Ini untuk mengejar daya tahan dan tercapainya target fisik yang dituntut olahraga itu,” terang dokter yang pernah ikut Olimpiade Montreal tahun 1976, sebagai atlet panahan.
Dokter cantik yang jadi direktur penunjang medik-akademik RSU FK UKI Jakarta ini juga enggak melarang kita ikut fitnes yang sedang menjamur. “Selama ada pelatih yang mengawasi itu bagus.” Malah ia menambahkan, makin banyak variasi olahraga yang kita lakukan makin baik. Misalnya hari ini renang, lusa jogging. “Olahraga yang bentuknya permainan seperti volley, basket, softball, tenis, malah bagus karena enggak bikin bosan dan melatih otot-otot bagian tubuh kita secara bergantian.
Biar olahraga lebih menyenangkan:
 Pilih beberapa jenis olahraga yang kita sukai.
 Ajak teman-teman.
 Tentukan waktu dan tempat yang nyaman.
 Tambahkan musik biar lebih semangat.
 Tidak berolahraga berlebihan. Tambah intensitas dan beban seiring waktu. Misal seminggu ini sit up cukup 15 kali tiap latihan, minggu depan boleh dilipatgandakan.
Berolahraga tanpa terasa
Berolahraga itu bisa dilakukan kapan saja. Banyak kegiatan sehari-hari yang membuat tubuh kita cukup melakukan gerakan olahraga. Ini patokan dari American Council of Exercise:
 Cuci mobil selama 20 menit bisa membakar 60 kalori.
 Jalan-jalan selama 30 menit membakar 129 kalori. Lima belas menit keliling mal bisa membakar 40 kalori. Padahal kita biasa keliling mal berjam-jam tanpa terasa. Kita juga bisa nyoba kalau berangkat sekolah/kuliah naik kendaraan, turun minimal 50 meter sebelum sampai supaya sempat jalan kaki. Atau ajak anjing kita berjalan-jalan.
 Membereskan rumah selama 15 menit seperti:
• Merapikan lemari bisa membakar 50 kalori.
• Menyedot debu di karpet kamar membakar 36 kalori.
• Menyikat atau mengepel lantai membakar 87 kalori.
• Membersihkan jendela membakar 47 kalori.
• Menari-nari seperti 15 menit jamming, jingkrak-jingkrak, dance bisa membakar 83 kalori.
• Bergosip ria lewat chattiing selama sejam bisa membakar 21 kalori.
• Bermain kejar-kejaran 30 menit membakar 129 kalori.
• Main ayunan jika kita menggerakkan badan dan kaki untuk mendorong ayunan, selama 30 menit bisa membakar 113 kalori.
• Main skate board satu jam membakar 225 kalori.
• Ice skating satu jam membakar 350 kalori.

Tidak ada komentar: