Sabtu, 05 Juni 2010

DEFINISI FOBIA SEKOLAH

Sekolah bagi sebagian anak adalah hal yang menyenangkan. Sementara bagi anak lainnya sekolah menjadi "monster" yang menakutkan. Alhasil dengan berbagai alasan si buyung atau upik pun sering ngambek dan tak mau sekolah. Bagi orangtua, sindrom fobia sekolah ini menjadi persoalan besar.
Banyak orangtua bingung menghadapi perubahan sikap anak yang tiba-tiba mogok tidak mau sekolah dengan berbagai alasan, mulai dari sakit perut, sakit kepala, sakit kaki dan seribu alasan lainnya. Bagi orangtua yang anaknya masih kecil, pemogokkan ini tentu bikin pusing karena menimbulkan kebingungan apakah alasan tersebut benar atau hanya dibuat-buat. Orangtua menjadi bingung: memaksa anak untuk tetap berangkat sekolah takut nanti anaknya menjadi stress; atau kalau ternyata benar apa yang dikemukakan anak, lantas bagaimana harus bersikap? Sementara itu problem yang hampir sama dialami orangtua yang bingung menghadapi penolakan anaknya yang sudah waktunya bersekolah tapi masih saja belum mau masuk sekolah.
Fobia sekolah adalah bentuk kecemasan yang tinggi terhadap sekolah yang biasanya disertai dengan berbagai keluhan yang tidak pernah muncul atau pun hilang ketika “masa keberangkatan” sudah lewat, atau hari Minggu atau libur. Fobia sekolah dapat sewaktu-waktu dialami oleh setiap anak hingga usianya 14-15 tahun, saat dirinya mulai bersekolah di sekolah baru atau menghadapi lingkungan baru ataupun ketika ia menghadapai suatu pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolahnya.


http://www.rekonfu.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=1263

Tidak ada komentar: